Kamis, 25 September 2014

Jurnalistik 1 : Mind Mapping dan Brainstorming

Mapping asal 1
Storming asal 1



















Yap, creamssiders ini adalah mind map saya yang saya buat pas saya kuliah jurnalistik kemarin
dikertas pertama ada banyak kata yang saya tuliskan ngawur. Tapi itu tidak apa-apa ujar dosen saya, karena tahap pertama adalah brainstorming. Dimana saya harus menuliskan semua kata yang terlintas di kepala saya dalam waktu 2 menit saja. Yap DUA MENIT! Adalah batasan branstorming yang dianjurkan beliau.
Brainstorming 1
Brainstorming 2
Brainstorming 3






































Selanjutnya mulai membuat mapping dengan kata-kata yang sudah ditulis tadi. Caranya dimulai menyabangkan kata favorit kita dulu dengan beberapa cabang. Dan cabang tadi terus dilakukan sampai kata-kata yang bercabang menurut anda sudah tidak bisa dicabangkan. Oh ya, menyabangkannya tadi menurut relasi ketersambungan kata menurut anda loh ya.
Mind Mapping 1



















Langkah terakhir, pilih cabang yang paling panjang dan mulai jabarkan hanya dalam 1 kalimat. Setelah selesai, selamat! Anda sudah mempunyai 1 ide pokok untuk membuat paragraf yang sesuai dengan yang anda pikirkan. Ini adalah salah satu fungsi dari brainstorming dan mind mapping yang sudah anda buat.

Kalimat Ide 1



















Dari gambar ini bisa saya tarik kalimat
“Tadi saya sempat menonton review game Dread Out di You tube yang menurut saya sangat menarik dan cocok untuk dijadikan konsep OSPEK dan OPD”.

Mungkin agak sedikit aneh ya, hahaha tapi memang ini yang terlintas dikepala saya pada kuliah jurnalistik jumat malam

Nah mari kita kembangkan sedikit menjadi 1 paragraf.
Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus adalah jalan pertama seorang mahasiswa diuniversitas. Setelah melewati masa OSPEK itu kini mahasiswa baru harus melewati 1 lagi jalan yaitu OPD atau pengenalan departemen. Dimana dia akan dikenalkan kepada departemen dimana dia akan berkarnya. Sekarang tentang mahasiswa lama,  dimana saya dan teman-teman sibuk memperkenalkan mereka. Setelah persiapan yang cukup lama dan menemui kebuntuan, saya melakukan refreshing dulu yaitu dengan membuka you tube dan melihat review-review game yang baru dan akan keluar. Saya berhenti dan memutuskan untuk melihat Dread Out Extended, dimana adalah sequel dari Dread Out yang sudah digarap oleh animator Indonesia. Digame itu saya melihat nilai-nilai yang sangat bagus dan bisa dimasukkan dalam OPD tahun ini. Tanpa pikir panjang langsung saja saya ajukan pada rapat. Dan mereka setuju! Dalam hati, saya hanya berkata "jangan sampai mahasiswa baru tahu darimana konsep OPD mereka".


Terima kasih telah berkunjung dan kritik sarannya akan ditunggu dikolom komen.

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Orientasi_Studi_dan_Pengenalan_Kampus
Pak Bas

0 komentar:

Posting Komentar