Minggu, 05 Oktober 2014

Praktikum Animasi 5 : Turn Head With Anticipation

Yo! creamssiders, hari ini kita akan coba buat animasi 2D yaitu Turning Head With Anticipation. Gimana buatnya? Seperti apa hasilnya? langsung saja kita buat yo!



Tujuan
Mahasiswa mampu membuat animasi turning head with anticipation secara sederhana

Alat Bahan
Wacom (jika ada)
Laptop/PC
Software Pencil2D atau yang lain

Dasar Teori
Anticipation
Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan gerak atau ancang-ancang. Seseorang yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri. Pada gerakan melompat, seseorang yang tadinya berdiri harus ada gerakan ‘membungkuk’ terlebih dulu sebelum akhirnya melompat.







Timing dan Spacing
Grim Natwick, seorang animator Disney pernah berkata, “Animasi adalah tentang timing dan spacing”. Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.
Contoh Timing: Menentukan pada detik keberapa sebuah obyek/karakter berjalan sampai ke tujuan atau berhenti.
Contoh Spacing: Menentukan kepadatan gambar (yang pada animasi akan berpengaruh pada kecepatan gerak).







Arcs
Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak secara ‘smooth’ dan lebih realistik, karena pergerakan mereka mengikuti suatu pola yang berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau parabola). Sebagai contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat melempar bola dan lintasan gerak bola di udara.






Langkah Percobaan
  1. Buka software Pencil 2D. ( Extract WinRAR ZIPnya kemudian buka file Pencil.exe)
  2. Pada Bitmap Layer gambarlah sebuah Arcs sebagai acuan bentuk kepala.
  3. Tambahkan Bitmap layer baru lalu gambar bentuk kepala (oval) bisa ditambahkan aksesoris seperti rambut, mata, hidung, mulut.
  4. Lanjutkan menggambar frame by frame, sebelum bentuk kepala terlihat menoleh tambahkan anticipation seperti perubahan bentuk mata.
  5. Pada frame selanjutnya bisa ditambahkan perubahan bentuk alis, mulut, dll.
  6. Untuk melihat hasil animasi, tekan tombol Onion skin previous frame (agar gambar tidak terlihat double ketika di play) > lalu tekan tombol Loop (agar gambar dapat berjalan terus menerus) > tekan tombol Play.
Hasil Percobaan



Sumber
http://harnumaida.wordpress.com/2014/10/05/praktikum-v-simple-head-turn-wih-anticipation/
http://www.mohhasbias.com/praktikum-5-animasi-2d/
http://oprekzone.com/12-prinsip-animasi/
http://dkv.binus.ac.id/2010/04/14/12-prinsip-animasi/
http://misscaptainalex.wordpress.com/animation/51-animation-exercises/

0 komentar:

Posting Komentar