Tujuan
Membuat model 3D menggunakan teknik Polygon Modelling
Alat
Blender 2.73a
Bahan
(Tanpa Bahan)
Dasar Teori
Ada banyak teknik 3D modeling, diantaranya:
1. Polygon Modelling
2. Sculpting
1. Polygon Modelling
2. Sculpting
Polygon Modeling
polygon modeling menggunakan polygon sebagai bentuk dasar untuk pembuatan model 3D. Seperti pada referensi ini. Pada referensi tersebut, kegiatan modeling dimulai dengan memilih primitive. Bisa disebut juga primitive modeling. Primitive modeling biasanya dilanjutkan dengan polygon editing. Dalam blender, biasa disebut dengan
Edit Mode
atau shortcut-nya tombol TAB.Sculpting
Sculpting menggunakan pendekatan artist lilin/malam untuk setiap menu yang disediakan oleh softwarenya.
Petunjuk Praktikum
- Membuat kursi menggunakan primitive only
- Membuat kursi menggunakan polygon editing dengan pendekatan additive modeling
- Membuat kursi menggunakan teknik polygon editing dengan pendekatan subtractive modeling
https://www.youtube.com/watch?v=kOV6y1NBOO4 - Membuat meja dengan kombinasi pendekatan additive dan subtractive
- Membuat kursi versi 2 dengan teknik polygon editing
Hasil Praktikum
Modelling kursi pertama
Kesimpulan
Pertama kali kesulitan untuk modelling kursi karena jarang mencoba blender. Setelah jadi kursi denganbentuk primitive kubus, lalu dianimasikan menurut praktikum 3 yang lalu. Modelling kursi menggunakan shortcut "G", "R", "S" untuk memindah, memutar, dan mengatur besar kecil bentuk kubus yang digunakan.
0 komentar:
Posting Komentar